image

Fungsi & Proses manajemen meliputi kegiatan-kegiatan

Fungsi & Proses manajemen  meliputi kegiatan-kegiatan :
1.       Perencanaan (Planning)
Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat  untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.
Kegiatan dalam Fungsi Perencanaan :
    Menetapkan tujuan dan target bisnis
    Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut
    Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan
    Menetapkan standar/indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis
2.       Pengorganisasian (Organizing)
Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi
Kegiatan dalam Fungsi Pengorganisasian :
    Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperlukan
    Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab
    Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja
    Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat
3.       Pengarahan (Actuating/Directing)
Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.
Kegiatan dalam Fungsi Pengarahan dan Implementasi :
    Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan
    Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan
    Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan

4.       Pengawasan/Pengendalian (Controlling)
Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.
Kegiatan dalam Fungsi Pengawasan dan Pengendalian :
    Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan
    Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan
    Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis

0 komentar:

Posting Komentar