PERTEMUAN 4
A. Pokok Bahasan / Sub Pokok Bahasan
Lingkungan manajemen
1. Faktor-faktor lingkungan eksternal,
2. Lingkungan makro dan lingkungan mikro,
3. Manajemen dalam suatu system,
4. Tanggung jawab sosial manajer.
B. Kompetensi Pembelajaran
Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami lingkungan manajemen yang mempengaruhi organisasi. Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan lingkungan internal dan eksternal organisasi/perusahaan
C. KBM Untuk Mencapai Kompetensi
1. Perkuliahan dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi kelompok yang dipresentasekan di depan kelas.
2. Menjelaskan cakupan materi lingkungan manajemen
3. Menjelaskan lingkungan internal dan eksternal perusahaan dan pengaruhnya terhadap pengambilan keputusan organisasi
4. Menjelaskan lingkungan manajemen
5. Menjelaskan lingkungan internal dan eksternal perusahaan
6. Menjelaskan lingkungan eksternal perusahaan dalam elemen tindakan langsung (direct-action element)/ lingkungan ekstern mikro
7. Menjelaskan lingkungan eksternal perusahaan dalam elemen tindakan tidak langsung (indirect-actin element)/ lingkungan ekstern makro
8. Dosen membuat kesimpulan dari keselurahan materi kuliah yang disampaikan tersebut
9. Dosen memberikan pertanyaan untuk mengundang interaksi atau tanggapan dari mahasiswa
D. Evaluasi
1. Sebelum dilakukan perkuliahan dengan metode ceramah, dosen mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diberikan sebelumnya.
2. Dengan metode diskusi, mahasiswa membentuk kelompok diskusi dengan materi yang sudah ditentukan
3. Hasil diskusi kelompok dipresentasikan didepan kelas.
4. Selanjutnya setiap kelompok diskusi yang lain mengajukan pertanyaan dari materi yang diberikan dan dijawab dengan mencontohkan study case. Dosen menyempurnakan jawaban yang kurang tepat.
5. Membuat kesimpulan dari hasil diskusi kelompok yang telah dipresentasikan.
E. Sumber Pustaka
1. James A. F. Stoner, et.all., (1996). Manajemen Jilid 2. Jakarta : Prenhallindo.
2. T.Hani Handoko, (1999). Manajemen Edisi 2, Yogyakarta : BPFE
3. Chuk Williams, (2004) Manajemen, Jakarta : Salemba 4
4. Ernie Trisnawati S dan Kurniawan S., Pengantar Manajemen, Edisi 1, Kencana
5. Amin Widjaja T., Manajemen. Rineka Cipta; Jakarta
F. Materi
Organisasi dan Lingkungan
• Organisasi berada dalam sebuah lingkungan
• Lingkungan dapat menjadi faktor pendukung maupun penghambat organisasi
• Kegiatan organisasi akan merubah lingkungan, dan juga sebaliknya, lingkungan akan mendorong perubahan pada organisasi.
Lingkungan Internal Organisasi
• Pemilik
adalah mereka yang secara historis maupun hukum dinyatakan sebagai pemilik akibat adanya penyertaan modal, ide ataupun berdasarkan ketentuan lainnya dinyatakan sebagai pemilik organisasi.
• Tim Manajemen
adalah orang-orang yang menurut para pemilik organisasi atau perusahaan dinyatakan atau ditunjuk sebagai pengelola organisasi untuk suatu periode tertentu.
• Para Anggota atau Pekerja
adalah sumber daya manusia dari organisasi atau perusahaan yang bergelut dalam aktivitas operasional perusahaan dan menjalankan tugas-tugas keseharian organisasi berdasarkan apa yang telah ditetapkan oleh tim manajemen.
• Lingkungan Fisik Organisasi
adalah sumber daya selain manusia yang dimiliki perusahaan dan menjadi faktor pendukung berjalannya sebuah aktifitas organisasi atau perusahaan
Lingkungan External Organisasi
• Pelanggan
adalah mereka yang secara langsung memanfaatkan, menggunakan, dan mengajukan permintaan atas barang atau jasa yang ditawarkan oleh organisasi.
• Pesaing
organisasi bisnis lain yang menjalankan bisnis yang sama dengan organisasi yang kita jalankan. Karena bisnis yang dijalankan sama, maka pesaing merupakan tantangan (sekaligus ancaman) yang dihadapi organisasi dalam meraih pelanggan
• Pemasok
adalah pihak yang terkait langsung dalam kegiatan bisnis dari sebuah organisasi, khususnya organisasi bisnis yang melakukan kegiatan produksi barang jadi dari berbagai jenis bahan baku .
• Regulator
adalah pihak-pihak yang berkepentingan dalam menciptakan keadaan dan kegiatan bisnis yang fair dan aman bagi semua pihak yang ingin menjalankan bisnis
• Partner Strategis
adalah perusahaan lain yang menjalankan bisnis berbeda dengan perusahaan kita, akan tetapi dapat secara bersama-sama menjadi mitra kita dalam menjalankan bisnis yang saling menguntungkan kedua belah pihak
• Pemerintah
adalah pihak yang atas legitimasi politik tertentu di suatu negara, diangkat dan bertugas untuk mewujudkan masyarakat ke arah yang lebih baik dalam pembangunan di segala bidang
Lingkungan Internasional dan Kegiatan Bisnis
• Peluang
Penetrasi Pasar , Akses terhadap Bahan Baku, Akses terhadap lembaga keuangan, dll
• Tantangan/Ancaman
Pesaing Internasional, Regulasi yang berbeda, Mata Uang yang berbeda, Kondisi sosial dan politik yang berbeda,dll
0 komentar:
Posting Komentar